Blog Ini merupakan sebuah...

Rabu, 21 Maret 2012

On 02.52 by Iyan Sofi Ansori in    No comments
Melihat banyak pemberitaan di media mengenai fenomena kecelakaan lalu lintas belakang ini, menggelitik hati saya untuk mempertanyakan keamanan jalan yang ada di Indonesia kini. Berdasarkan catatan Mabes Polri, selama enam minggu pada tahun 2012 saja, sudah terjadi kecelakaan sebanyak 10.169 kasus di seluruh wilayah indonesia dengan memakan korban meninggal mencapai 1.618 orang. Bahkan menurut Who, kecelakaan lalu lintas memakan korban jiwa sekitar 1,2 juta manusia setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri kecelakaan lalu lintas bisa  terjadi kapan dan dimana pun kita berada. Tapi terdapat saat-saat dimana jumlah dapat meningkat seperti pada saat menjelang Idul Fitri dimana arus mudik dan arus balik yang terjadi besar-besaran. Secara umum ada empat faktor penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Keempat faktor tersebut adalah faktor manusia, kendaraan, jalan atau infrastrukutur, dan kondisi lingkungan. Dari keempat faktor tersebut, faktor manusia menjadi faktor yang dominan penyebab terjadinya kecelakaan sekitar. Tentu saja hal ini membuat hati kita was-was, mengapa bisa terjadi demikian! 


A. Faktor Manusia 
(Sumber Foto : republika.com)
     Hampir semua kejadian kecelakaan lalu lintas didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran ini dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan pengendara dalam aturan berlalu lintas dan kesengajaan untuk melanggar. Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering kali lalai dalam mengendarai kendaraan, tidak sedikit angka kecelakan lalu lintas yang terjadi karena kendaraan yang mabuk. Tentu kita masih ingat tragedi Tugu Tani yang merenggut korban sebanyak 9 orang meninggal. Diduga pelaku mengkonsumsi shabu-shabu  dan minuman beralkohol  sebelum kejadian berlangsung, hal ini cukup mencengangkan untuk kita semua terlebih lagi pelaku tidak memiliki SIM.


B. Faktor Kendaraan
Sumber Foto : Tribunnews.com
     Faktor kendaraan menjadi faktor yang sering terjadi setelah faktor manusia (human error). Ban pecah, rem tidak berfungsi, spare part yang sudah aus, kelelahan logam yang mengakibatkan bagian kendaraan patah, dan berbagai penyebab lainnya. Keseluruhan faktor kendaraan sangat terkait dengan teknologi yang digunakan. Kendaraan menjadi suatu hal yang vital terlebih banyak sekarang ini kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi yang sangat baik dan perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan harus sesuai dengan prosedurnya. Kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi Cisarua Bogor dengan melibatkan bus karunia bhakti yang disebabkan rem yang tidak berfungsi, hal ini menggambarkan buruknya sistem pengawasan yang dilakukan oleh pihak terkait. Jika semua ini bisa diperbaiki,  tentunya angka kecelakaan yang di akibatkan oleh faktor kendaraan akan berkurang. 


C. Faktor Jalan 
Sumber Foto : Sragenpos.com
   Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh jalan  terkait dengan kecepatan rencana jalan, geometrik jalan, pagar pengaman di daerah pegunungan, ada tidaknya media jalan, jarak pandang dan kondisi permukaan jalan. Jalan yang rusak atau berlubang sangat berpotensi membahayakan para pengguna jalan teutama bagi pengendara sepeda motor.


D. Faktor Lingkungan
( Sumber foto : beritaterkinigratis.com)
     
Hujan dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dan penggunanya seperti jarak pandang menjadi lebih pendek, jalanan menjadi licin, dan pengereman menjadi lebih jauh. Asap, kabut dan angin juga bisa menggangu jarak pandang, terutama untuk daerah dataran tinggi. selain itu kondisi alam yang yang berkelok-kelok juga dapat meyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. pohon tumbang yang di sebabkan oleh angin yang kencang dapat pula membahayakan para pengguna jalan.


Untuk itu perlu upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas, berbagai cara dapat kita lakukan dengan menggunakan fasilitas keamanan (seperti helmet, seat belt,jacket dan side walk), mematuhi rambu-rambu lalu lintas, persiapan kondisi tubuh kita, dan melakukan perawatan terhadap kendaraan kita.



Sumber Referensi :
Fisma Prayoga, Andika. 2011. Kondisi Luka dan Bencana Kecelakaan Lalu Lintas.:(http://www.scribd.com/doc/76405525/Laka-Lantas-FIX)
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsprograms/2012/01/25/11328/Monster-Pembunuh
     

0 komentar:

Posting Komentar