Blog Ini merupakan sebuah...

Senin, 19 Desember 2011

On 06.43 by Iyan Sofi Ansori in    No comments

BAB I
PENDAHULUAN

      A.    Latar Belakang
Pada era globalisasi ini tidak dapat dibayangkan jika hidup tanpa komputer Saat ini, komputer menjadi kebutuhan pokok manusia untuk menyelesaikan masalahnya. Semua orang akan bingung ketika komputer yang akan mereka gunakan tiba-tiba bermasalah. Mereka akan melakukan segala cara untuk memperbaiki komputer. Bahkan, mereka rela membeli komputer baru

Kemajuan teknologi komputer memang sangat membantu manusia. Dengan komputer, kita dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan. Saat ini teknologi komputer semakin maju. Selain membantu untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, kita dapat melakukan apapun dengan komputer. Misalnya, kita dapat mendengarkan musik, menonton film, menonton film atau memainkan permainan. Bahkan saat ini telah dikembangkan komputer yang praktis  seperti notebook, maupun PC tablet.

Tentunya kemajuan teknologi membawa dampak bagi kehidupan manusia. Untuk mengetahui dampak kemajuan teknologi komputer, perlu diadakan pembahasan mengenai hal itu.

     B.    Maksud dan Tujuan
Makalah ini disusun  untuk memaparkan dampak-dampak kemajuan teknologi bagi kehidupan manusia, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dalam penulisan ini diharapkan agar pembaca dapat memanfaatkan kemajuan teknologi komputer dengan arif dan bijaksana.

      C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari penulisan dampak kemajuan teknologi komputer adalah sebagai berikut :
1.     Dampak positif kemajuan teknologi komputer bagi kehidupan manusia
2.     Dampak negatif kemajuan teknologi komputer bagi kehidupan manusia

BAB II
PEMBAHASAN

Dengan kemajuan teknologi komputer, manusia dapat menyelesaikan segala pekerjaannya dengan mudah, Seperti pekerjaan di bidang pendidikan, politik ekonomi, sosial budaya bahkan untuk mendeteksi penyakit sekalipun dapat dibantu oleh teknologi komputer. Komputer itu bak pisau bermata dua, memiliki dampak positif maupun dampak negatif tergantung bagaimana kita bijak dalam penggunaannya sehari-hari.
Berikut ini  akan dijelaskan dampak-dampak kemajuan teknologi komputer.
A.    Dampak Positif Kemajuan Teknologi Komputer
Tidak dapat dipungkiri bahwa komputer adalah mesin yang dapat membantu semua pekerjaan manusia. Bahkan dengan kemajuan teknologi komputer  manusia dapat memperoleh banyak informasi melalui jaringan internet. Disamping itu manusia dapat melakukan apapun dengan komputer. Kita dapat bersosialisasi dengan teman melalui jejaring sosial, bermain game, mendengarkan musik, menonton televisi dan film  dengan menggunakan komputer. Dampak positif kemajuan teknologi  dilihat dari berbagai bidang :
1.     Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kita dapat memperoleh informasi yang akurat dan cepat di belahan bumi manapun, dapat berkomunikasi dengan teman melalui jejaring sosial,  dan dapat mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah.

2.     Ekonomi dan Industri
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, terjadi industrialisasi, produktifutas dunia industri  semakin meningkat, persaingan dalam dunia kerja menunut untuk selalu  menambah skill dan pengetahuan yang dimilki.

3.     Sosial dan Budaya
Semakin banyak wanita yang memiliki peranan penting dalam kepemimpinan, meningkatkan rasa percaya diri kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik dan tekanan kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi.

4.     Pendidikan
Munculnya media massa, khususnya elektronik sebagai sumber dan pusat pendidikan. Sistem pembelajaran e-learning melalui inetrnet yang tidak mengharuskan kita belajar tatap muka.

5.     Politik
Munculnya kelas menengah baru dalam pertumbuhan teknologi. Proses regenerasi kepemimpinan, sudah barang tentu peralihan kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya substansi politik


B.    Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Komputer

Kemajuan teknologi komputer selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif, berikut dampak negatif dilihat dari berbagai bidang :
1.     Teknologi Informasi dan Komunikasi
Baru-baru ini banyak pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris untuk merekrut anggotanya. Kerahasiaan alat tes semakin terancam, karena melalui internet kita dapat memperoleh informasi tes psikologi

2.     Ekonomi dan Industri
Tejadinya pengangguran yang di akibatkan oleh fungi kerja manusia digantikan oleh komputer dan sikap konsumtif yang terjadi pada masyarakat akibat dari kompetisi yang ketat

3.     Sosial dan Budaya
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat khususnya di kalangan pelajar dan remaja. Kenakalan yang disertai tindak penyimpangan menimbulkan dampak semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.
4.     Pendidikan
Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Kemajuan teknologi komputer membawa dampak positif bagi kehidupan manusia. Dampak yang di di timbulkan dapat berakibat positif dan negatif. Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya mengurangi akibat negatif dari kemajuan teknologi komputer. Kita perlu menyikapi semua ini dengan arif dan bijaksana. Bagaimanapun juga komputer memang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.
B.   Saran
Saran yang dapat disampaikan adalah memanfaatkan kemajuan teknologi komputer dengan arif dan bijaksana.

Dafftar Pustaka
Buku :
Eti, Nunung Yuli, Anton Suparyanta, M.G. Hesti Puji rastuti. 2005. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Klaten; Intan Pariwara.
--------.2005. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XI Jilid 2b. Klaten; Intan Pariwara.
Ganda, Asep Drs., 1999.  Bahasa Indonesia untuk SLTP Kelas II Jilid 2. Jakarta; Pribumi Mekar
Mulyati, Yeti dkk. 2009. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
          Nasution, S. Prof., Dr., Prof., Drs., M. Thomas. 1980. Buku Penuntun Membuat Disertasi Thesis Skripsi Report Paper. Bandung: Jemmars 
            Web :
            http://kamusbahasaindonesia.org/
     http://terminaltechno.blog.uns.ac.id/2009/12/08/dampak-kemajuan-teknologi-terhadap-peradaban-manusia

0 komentar:

Posting Komentar