Senin, 26 November 2012
On 07.15 by Iyan Sofi Ansori in Tugas Soft Skill Mata Kuliah Manajemen Proyek Dan Manajemen Resiko 1 comment
PROPOSAL
BISNIS
CUPCAKE
(Diajukan sebagai tugas mata kuliah manajemen
proyek dan manajemen resiko)
Disusun oleh :
DWIKY PRADIBYO WIBOWO (42111279)
IYAN SOFI ANSORI ( 43111766)
MARTIN CIPTA YOGI MANURUNG (48111992)
SYAUQI ALBI ( 49111374 )
PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER
DIREKTORAT DIPLOMA TIGA TEKNOLOGI
INFORMASI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2013
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita
panjatkan kepada Tuhan YME.
Diantara sekian banyak nikmat Tuhan YME
,sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas Management Proyek ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari
penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan
oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini
kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak,
akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu
melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu
terselesaikannya tugas ini.
Sukabumi,
13 November 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
…………………………………………………………. 2
Daftar isi ……………………………………………………………….. 3
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1
Konsep Bisnis
………………………………………… 4
1.2
Fitur Finansial ………………………………………... 4
BAB 2 DESKRIPSI PERUSAHAAN
2.1 Deskripsi
umum perusahaan ........................................ 6
BAB 3 RANGKUMAN
EKSEKUTIF
3.1 Latar
Belakang .............................................................. 7
3.2 Visi
dan Misi ................................................................ 8
3.3 Lokasi
........................................................................... 8
3.4 Ruangan
atau tempat yang dibutuhkan ........................ 8
3.5 Waktu
Operasi ............................................................. 8
3.6 Target
Pelanggan.......................................................... 8
BAB 4 DESKRIPSI USAHA
4.1 Produk
yang dihasilkan................................................ 9
4.2 Ruang
Lingkup.............................................................. 9
4.3 Personalia
Dan Perlengkapan kantor............................ 9
BAB 5 RENCANA
PRODUKSI
5.1
Proses
Produksi............................................................. 10
5.2 Sumber-sumber bahan.................................................. 10
5.3 Tren Perkembangan
Pasar............................................ 10
5.4 Keunggulan
Produk..................................................... 11
BAB 6
PERENCANAAN PERMODALAN
6.1 Sumber
permodalan...................................................... 13
6.2 Neraca
Permulaan Perusahaan...................................... 13
6.3 Proyek
Aliran KAS....................................................... 14
6.4 Proyeksi
penjualan........................................................ 15
6.5 Perencanaan
Laba Rugi................................................ 16
6.6 Analisi
BEP (Break Event Point)................................. 17
BAB 7
PENUTUP .......................................................................... 18
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Konsep Bisnis
1.1.1.Selera
Faktor utama yang menentukan kesuksesan dari usaha kuliner adalah citarasa makanannya. "Sesuaikan citarasa makanan dengan target pasar yang dituju. Lakukan survei pasar untuk menemukan apa yang diinginkan masyarakat,".
Faktor utama yang menentukan kesuksesan dari usaha kuliner adalah citarasa makanannya. "Sesuaikan citarasa makanan dengan target pasar yang dituju. Lakukan survei pasar untuk menemukan apa yang diinginkan masyarakat,".
1.1.2.LifeStyle
Makanan sekarang ini bukan hanya sebagai pemuas rasa lapar, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup. "Jakarta merupakan salah satu kota yang menjadikan makanan sebagai bagian dari gaya hidup keseharian mereka,". Jika pandai melihat peluang yang ada, dan menggabungkannya dengan jenis makanan yang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, maka produk usaha Anda berpeluang untuk disukai banyak orang.
Makanan sekarang ini bukan hanya sebagai pemuas rasa lapar, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup. "Jakarta merupakan salah satu kota yang menjadikan makanan sebagai bagian dari gaya hidup keseharian mereka,". Jika pandai melihat peluang yang ada, dan menggabungkannya dengan jenis makanan yang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, maka produk usaha Anda berpeluang untuk disukai banyak orang.
1.1.3.DayaBeli
Sebelum menentukan produk yang akan dijual, lihat dulu lokasi yang menjadi tujuan usaha Anda, dan lingkungan sekelilingnya. Saya mengungkapkan, pemantauan kawasan sekeliling lokasi tujuan akan menentukan produk apa yang paling tepat untuk dijual. Observasi akan menentukan produk jualan berdasarkan daya beli masyarakat. Jika produk yang dijual terlalu mahal, sedangkan daya beli masyarakat rendah, maka bisnis tidak akan berjalan lancar.
Sebelum menentukan produk yang akan dijual, lihat dulu lokasi yang menjadi tujuan usaha Anda, dan lingkungan sekelilingnya. Saya mengungkapkan, pemantauan kawasan sekeliling lokasi tujuan akan menentukan produk apa yang paling tepat untuk dijual. Observasi akan menentukan produk jualan berdasarkan daya beli masyarakat. Jika produk yang dijual terlalu mahal, sedangkan daya beli masyarakat rendah, maka bisnis tidak akan berjalan lancar.
1.1.4.Rencanaproduksi
Konsep rencana produksi juga harus dipikirkan lebih lanjut. Perhatikan dengan teliti dari sumber bahan baku, alur produksi, harga produksi, peralatan, kualitas, keunggulan produk, sampai kemasan produk yang akan dijual.
Konsep rencana produksi juga harus dipikirkan lebih lanjut. Perhatikan dengan teliti dari sumber bahan baku, alur produksi, harga produksi, peralatan, kualitas, keunggulan produk, sampai kemasan produk yang akan dijual.
1.2 Fitur Finansial
Dalam aspek
finansial ini akan disajikan informasi tentang biaya investasi, modal kerja,
cash flow dan biaya operasional yang terdiri dari fixed cost dan variable cost.
Sebelum menyusun analisis kelayakan finansial maka perlu dibuat
ihktisar biaya investasi.
Cashflow merupakan aliran kas dari suatu usaha yang terdiri dari
penerimaan usaha (inflow) dan pengeluaran usaha (outflow). Aliran
kas disusun untuk menunjukan perubahan kas selama satu periode tertentu serta
memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan dari mana
sumber-sumber kas dan penggunaan-penggunaannya.
BAB II
Deskripsi Umum Perusahaan
2.2.1 Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : CupCake
Sport
Alamat perusahaan : Jl. Veteran, No. 66 Sukabumi – Jawa Barat
No. Telp : (021)214913
2.2.2
Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik
|
:
|
Dwiky
Pradibyo Wibowo
|
Alamat pemilik
|
:
|
Kp.
Mangkalaya RT/01 RW/04, Desa. Mangkalaya Cisaat - Sukabumi`
|
No.
Telp
|
083818091300
|
2.2.3. Nama dan Alamat Penanggung
jawab
Nama
|
:
|
|
Alamat
|
:
|
Kp.
Cibatu RT/01 RW/05, Desa Cibatu, Cisaat- Sukabumi
|
No. Telp
|
:
|
087788113766
|
2.2.4.
Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Dalam
perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan
yang menjual brmacam-macam model cupcake dengan motif club-club olahraga
sepak bola dengan selera masyarakat Sukabumi, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum
kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan
dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern
yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
BAB III
RANGKUMAN EKSEKUTIF
3.3.1.
Latar Belakang
Setiap orang pasti ingin menjadi Bos di bisnis atau
usaha-nya sendiri. Hanya orang-orang yang berpikiran sempit-lah yang seumur
hidup ingin menjadi orang gajian.
Banyak sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu
diantaranya dengan membuat sebuah cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu
mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan
keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu
meng-gelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti.
Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan
analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh
karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak
waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Peluang usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau
kita memulai sekarang. Inilah yang melatar
belakangi
berdirinya sebuah Toko
Kue bernama CupCake Sport.
Akhir-akhir ini sering kali kita lihat pada media
televisi, koran, serta internet banyak sekali pemberitaan mengenai sepakbola
terutama pada Liga Champions yang diikuti oleh berbagai club-club sepak bola
terbaik didunia yang sedang digilain oleh sebagian masyarakat luas, maka dari
itu kami terinspirasi untuk membuat Toko Kue bernama CupCake sport .
3.3.2.
Visi dan Misi
Visi : Untuk memberikan style baru produk
cupcake untuk memuaskan para konsumen.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan
berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
3.3.3.
Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan suatu tempat
yang strategis di Komplek Ruko Cisaat karena terdapat banyak sekolah dimulai
dari SD,SMP,SMA, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang
merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah
dicari dan didatangi.
3.3.4.
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
pada awal membuka usaha toko ini yakni 1 ruangan berukuran 12x 6m.
3.3.5.
Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
3.3.6.
Target Pelanggan
Target pelanggan CupCake Sport ini
adalah : untuk semua usia khusus bagi siswa dan siswa. Mereka adalah konsumen
CupCake yang memiliki ciri khas tertentu. Selain menentukan lokasinya kita
harus menentukan dekorasi atau penampilan toko tersebut.
Usaha cupcakes
ini cukup menjanjikan, karena masih sedikitnya pesaing cupcakes di kota
Sukabumi. Selain harganya yang terjangkau, model cupcakes ini sangatlah
beragam. Usaha Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat
menengah ke bawah maupun atas. Produk cupcakes disesuaikan dengan target
pasarnya, oleh karena itu harga produk dapat terjangkau.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.4.1.
Produk yang dihasilkan
Dalam sehari penjualan cupcake ini
menghabiskan sampai 15 box kue dengan 6 pcs
cupcake dalam 1 boxnya, telah termasuk garmis yang akan dipakai untuk setiap CupCakenya
Adapun kualitas produk atau mutu
produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o
Bahan baku kue berkualitas
tinggi
dan dapat memuaskan konsumen dengan harga yang murah,
o Bermacam-macam bentuk kue dengan style yang uptodate
o Tahan lama menggunakan bahan pengawet alami
4.4.2.
Ruang Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usaha Toko Kue “Cupcake Sport” ini kami rancang dengan sebaik
mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan kami,
maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Toko kue “Cupcake
Sport” terletak di Jl. Veteran, No. 66
Sukabumi – Jawa Barat. Toko ini sudah
memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak
terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi
perusahaan sudah lancar.
4.4.3.
Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik : Dwiky Pradibyo
Wibowo
Penanggung Jawab : Iyan Sofi
Ansori
Sekretaris : Syauqi Albi
Bendahara : Martin Cipta
Yogi Manurung
BAB
V
RENCANA PRODUKSI
5.5.1.
Proses Produksi
Proses produksi
yang kami jalankan dalam perusahaan CupCake
Sport ini dapat dilihat pada bagan berikut :
1.Panaskan oven pada suhu 180º C,
2.Kocok mentega, gula, garam hingga mengembang dan pucat, kemudia masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang,
3.Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk secara bergantian, sambil diaduk hingga rata,
4.Tuang ke dalam loyang cupcakes dan panggang hingga matang selama 30 menit,
5.Angkat kemudian dinginkan.
6.Desain lapisan atas Cupcake dengan model bertipe sport
atau olah raga mencakup logo club dan atribut-atribut lain sepak bola yang anda
sukai.
5.5.2.
Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku kue, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang
sudah terjamin dan terbukti kualitas kue dengan tekstur dan model kue yang
menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai
pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
5.5.3.
Trend Perkembangan Pasar
Saat ini
pertumbuhan ekonomi sangatlah berdampak pada hasil penjual barang maupun jasa
yang ditawarkan. Apabila pertumbuhan ekonomi suatu Negara sedang membaik maka
permintaan akan barang/ jasa masyarakat terhadap barang dan jasa akan lebih
tinggi.
Ini
berarti trend penjualan akan membaik pula maka suatu bisnis ataupun perusahaan
yang menjual barang/ jasa penerimaannya akan lebih tinggi. Apabila dibandingkan
ketika ekonomi Indonesia terkena krisis, maka daya beli masyarakat menjadi
menurun, trend penjualan akan menurun akibatnya suatu bisnis atau perusahaan
banyak yang mengalami kebangkrutan
5.4 5.4 Keunggulan Produk
a. Serbaguna.
Cupcakes memiliki berbagai keistimewaan
dibandingkan kue pernikahan konservatif, karena dapat disajikan dengan berbagai
rasa. Tidak hanya satu rasa yang biasa terdapat di banyak kue pernikahan.
Dengan menggunakan cupcakes berbagai rasa yang berbeda dengan desain sport yang
bermacam-macam, maka para tamu dapat menemukan rasa yang mereka kehendaki.
Cupcakes sangat praktis, karena tidak perlu memotong-motong kue lagi. Sedangkan
sebagai suvenir, cukup dikemas dalam wadah kotak atau plastik mika. Pasangan
pengantin yang memilih cupcakes sebagai kue pengantin mereka pun tetap dapat
mengadakan upacara pemotongan kue. Mintalah pembuat kue untuk membuatkan kue
berukuran kecil, untuk diletakkan di bagian atas. Kue berukuran kecil inilah
yang akan digunakan pada acara pemotongan kue.
b. Laris.
Sebagian besar
masyarakat sering mengkonsumsi cupcakes. Cupcakes layaknya kue-kue yang acap
kali ditemukan di bakery-bakery tiap daerah. Cupcakes dapat disajikan sebagai
oleh-oleh dan acara seperti pesta, yang sangat praktis dan tidak merepotkan.
Oleh karena itu cupcakes sangat digemari penikmatnya.
c. Trendi.
Sekarang ini
cupcakes ada di mana–mana, terlihat dari beberapa contoh cupcakes di sejumlah
media.
penataannya cukup banyak pilihan dan tampil memukau. Apalagi ketika ditumpuk
bersama-sama pada setiap lapisan tempat cupcakes, maka tampilan cupcakes akan
sangat mengesankan.
d. Mudah dibuat.
Bagi
baker atau pembuat kue yang berpengalaman, maka cupcakes dapat dibuat beberapa
minggu sebelumnya dan dibekukan di tempat kedap udara. Namun demikian, dekorasi
untuk menghiasi cupcakes relatif rumit karena dikerjakan satu persatu dan
biasanya dibuat dalam jumlah relatif banyak. Apalagi bila pesta dihadiri oleh
banyak tamu, dan cupcakes akan menjadi bagian dari jamuan untuk para undangan.
BAB VI
PERENCANAAN PERMODALAN
6.6.1.
Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber
awal mula pendirian Cupcake Sport yaitu dari pemilik toko kue sendiri. Sebagai
investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan home industri.
6.6.2.
Neraca Permulaan Perusahaan
a)
Biaya produksi
per tahun terdiri dari:
1.
Modal Awal
produksi
Bahan Baku Rp. 2.138.000,-
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 2.000.000,-
|
|
Kitchen Set
|
Rp. 1.000.000,-
|
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 500.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan bulan pertama
|
Rp. 1.800.000,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 7.438.000,-
|
2. Biaya lain-lain
Listrik /1 bulan Rp.
75.000,-
Asuransi Rp. 2.000.000,-
Transportasi Rp. 100.000,-
Pajak Rp. 50.000,-
Pemeliharaan toko dan peralatan Rp.
300.000,-
+
Jumlah biaya lain-lain Rp. 2.525.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 2.525.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp. 7.438.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 2.525.000,- +
Total Rp. 9.963.000,-
Perincian modal
bahan baku
|
Tabel 6.2.1
6.6.3.
Proyeksi Aliran Kas
Pada usaha
kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk toko
kami ini, akan mampu menjual sekitar 5400
box pertahun, sehingga jika diambil keuntungan kotor pertahun adalah sekitar Rp.162.000.000,- pertahun dan keuntungan kotor perbulan yaitu
Rp. 13.500.000,- .Keuntungan bersih dari hasil keuntungan kotor diatas adalah
162.000.000 – (162.000.000 * 30 %) = 162.000.000 – 48.600.000 = 113.400.000, jadi keuntungan bersih yang akan
didapat yaitu Rp 113.400.000,- pertahun.
Jika dalam
penjualan cupcake per pcs Rp 5000,- maka dalam penjualan 1 box cupcake yang
berisi 6 pcs Rp 30.000,-
dengan 15 box yang terjual kepada konsumen perhari maka kami mendapatkan Rp 450.000,- dan Rp 9.450.000,-
perbulannya.
Apabila
pendapatan dari usaha cupcake sport ini stabil maka dalam 2 atau 3 bulan modal
akan kembali.
6.6.4.
Proyeksi Penjualan
Tahun
|
Jumlah Penjualan
|
Harga per box cupcakes
|
Proyeksi Penjualan
|
2012
|
5400 box
|
Rp. 30.000
|
Rp.162.000.000
|
2013
|
5670 box
|
Rp. 30.000
|
Rp.170.100.000
|
2014
|
5940 box
|
Rp. 30.000
|
Rp.178.200.000
|
2015
|
6210 box
|
Rp. 30.000
|
Rp.186.300.000
|
2016
|
6480 box
|
Rp. 30.000
|
Rp.194.400.000
|
Tabel 6.4.1
Proyeksi
Penjualan cupcakes keuntungan diperkirakan naik 5 % per tahun.
Keterangan : 1
box cupcake sport berisi 6 pcs kue cupcake sport dengan harga per pcs Rp. 5.000
.
B Biaya tetap :
Biaya gaji pertama karyawan
Rp. 1.800.000,-
Bahan Baku
Rp. 2.138.000,-
Listrik /1 bulan Rp.
75.000,-
Asuransi Rp. 2.000.000,-
Transportasi Rp. 100.000,-
Pajak Rp. 50.000,-
Pemeliharaan toko dan peralatan Rp.
300.000,-
+
Jumlah biaya lain-lain Rp. 6.463.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 6.463.000,-
6.6.5.
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
1. Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp
100.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 1.800.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 1.900.000,-
|
|
Biaya variable/ produksi
|
||
Bahan Baku
|
Rp. 2.138.000,-
|
|
Kitchen Set
|
Rp. 1.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 3.138.000,-
|
|
Biaya-biaya lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
5. Pajak
|
Rp. 75.000,-
Rp. 2.000.000,-
Rp. 100.000,-
Rp. 50.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 2.225.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 7.263.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan kue cupcake sport
|
Rp
13.500.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp
13.500.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 13.500.000,-
Rp. 7.263.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 6.237.000,-
|
|
6.6 ANALISIS
BEP(BREAK EVEN POINT)
Rumus berdasar nilai
FC
BEP =
--------------
1 - VC
P
·
FC : Biaya Tetap
·
P : Harga jual per unit
·
VC : Biaya Variabel per unit
Penyelesaian :
BEP = 6.463.000
1-(30.000/5000)
= 6.463.000/ (1-6)
=6.463.000/5
=1.292.600
BAB VII
PENUTUP
Sebuah inovasi yang hebat tidak pernah lepas dari ide sederhana
yang kreatif. Walaupun cupcake sport tersebuti terkesan sederhana , namun jika
dipadukan dengan pola pikir yang kreatif dan inovatif , maka tidaklah mustahil
jika rangkaian ini bisa menjadi sebuah solusi besar yang sangat membantu kita
dalam melakukan usaha berbisnis kue dengan keuntungan yang besar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Berita UG SS
Popular Posts
-
Pengertian Embedded System Embedded System atau sistem tertanam merupakan sistem komputer khusus yang dirancang untuk menjalankan tugas...
-
PROPOSAL BISNIS CUPCAKE (Diajukan sebagai tugas mata kuliah manajemen proyek dan manajemen resiko ) ...
Excellent) Good Article
BalasHapus