Blog Ini merupakan sebuah...

Minggu, 03 Juni 2012

On 08.26 by Iyan Sofi Ansori in    No comments

A.  Latar Belakang Ketahanan Nasional
Bangsa dan negara Indonesia sejak proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 Kehidupan bangsa Indonesia tidak luput dari gejala dan ancaman / gangguan baik dari  dalam maupun dari luar negeri yang dapat membahayakan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), antara lain :
1)    Agresi Militer Belanda.
2)    Gerakan Separatis : PKI,DI/TII dan lain-lain.
3)   Dilihat dari geopolitik maupun geostrategi lalu di kaitkan dengan potensi-potensi yang dimilikinya bangsa Indonesia berada pada posisi yang  rawan dengan instabilitas nasional yang diakibatkan dari berbagai kepentingan baik itu dari pihak dalam negeri maupun luar negeri.
Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami pasang surut dalam menjaga kelangsungan hidup dan eksistensi sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Hal ini tentu saja memberikan dampak bagi kehidupan bangsa dan negara indonesia dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Negara Indonesia adalah negara yang bersandar pada kekuatan hukum sehingga kekuasaan,penyelenggaraan hidup , dan kehidupan negara diatur oleh hukum yang berlaku.  Dengan kata lain hukum di Indonesia berfungsi sebagai pranata sosial yang disusun untuk kepentingan seluruh rakyat dan menjaga ketertiban bagi seluruh rakyatnya. Kondisi kehidupan nasional tersebut menjadi slah satu kekuatan ketahanan nasional karena adanya jaminan kekuasaan hukum bagi seluruh pihak yang ada di Indonesia. Disamping  itu menjadi cermin bagaimana rakyat indonesia tumbuh dan berkembang dalam suatu wilayah yang menempatkan hukum sebagai asas berbangsa dan bernegara dengan menyandarkan pada kepentingan dan aspirasi rakyat. Negara Indonesia Indonesia adalah negara yang memilki UUD 1945 sebagai konstitusi, dimana sistem pemerintahan negara tertuang didalamnya. Maka dari itu kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan Ketahanan Nasional yang didasari oleh :
1)    Pancasila sebagai landasan idiil.
2)    UUD 1945 sebagai landasan konstitusional.
3)    Wawasan Nusantara sebagai landasan visional.

B.  Pengertian Ketahanan Nasional
Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasioanal dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, baik itu secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mewujudkan tujuan nasional. Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai arti ketahanan nasional maka kita harus tahu lebih dulu arti wawasan nusantara. Wawasan nusantara adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tarhadap diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung ( interasi dan interelasi ) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya baik nasioanal regional dan global.

C.  Keterkaitan kenaikan harga bahan bakar minyak dengan ketahanan nasional.
Belum lama ini pemberitaan mengenai kenaikan harga BBM sedang ramai-ramai jadi bahan  perbincangan oleh semua orang, ini terkait dengan isu ketahanan nasional yang memanas karena maraknya demo menolak kenaikan harga BBM  yang dilakukan oleh beberapa LSM dan mahasiswa. Dalam aspek perspektif ideologi bangsa. Kenaikan harga BBM pada tahun ini merupakan jawaban atas tantangan ideologi dan politik di inodensia khususnya ketahanan nasioanal. Dampak kenaikan BBM sangat besar bagi  masyarakat yang berpenghasilan jauh di bawah UMR.  Masyarakat dengan kelas tersebut sangat rentan dan kritis terhadap struktur pemerintah, mereka cenderung apatis terhadap kebujakan yang dikeluarkan oleh pemerintah saat ini. Solusi untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM tersebut dengan melakukan strukturalisasi yang bersifat kedaerahan. Maksud dari strukrural disini adalah memperbanyak fasilitas umum yang lebih fungsional, misalnya seperti membuat moda transportasi MRT di kota-kota besar.  Selain itu bisa juga dilakukan peeningkatan kualitas dan kuantitas transpotasi umum sehingga masyarakat diharapakan mau beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan umum.
Setiap terjadi kenaikan harga minyak dunia, maka jumlah subsidi dalam APBN pun akan bertambah. Hal ini tentu akan mempengaruhi stabilitas maupun ketahanan nasional. Pemerintah dituntut untuk mengeluarkan kebijakan yang tepat untuk rakyatnya. Tentu kita masih ingat dengan wacana pembatasan BBM dan pengembangan bahan bakar alternatif,  rasanya kedua program pemerintah itu hanya sekedar wacana saja. Pada akhirnya pemerintah memilih kebijakan alternatif yang mudah ditempuh dengan menaikan harga BBM bersubsidi. Ironisnya, setelah pemerintah menaikan harga BBM, pemerintah seakan melupakan kedua program tersebut. Padahal kedua program tersebut sangat baik .


D. Penutup.
Kebijakan pemerintah  yang tidak tepat dan tidak didasarkan pada kepentingan rakyat, bersifat sporadis dan tidak dihasilkan dari pemikiran yang jernih bukannya memperkuat ketahanan nasional namun sebaliknya dapat mengancam ketahanan nasioanal
Kebijakan Kenaikan BBM seyogyanya tidak mengikuti mekanisme pasar semata namun pemerintah harus ikut menetapkan secara administratif  dengan mempertimbangkan efisiensi di segala aspek. Seperti  Pembatasan BBM bersubsidi dan Pengembangan Bahan Bakar Alternatif. Yang di pandang cukup tepat untuk saat ini, tentunya dengan persiapan yang matang. Karena hal ini dapat menjadi polemik bagi pemerintah jika pemerintah tidak bisa melakukannya dengan baik.







Sumber Referensi :
Alfarizy, Izhhar. 2012. Ketahanan Nasional. http:/izhhar10.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2012.
Jumina, Prof. Dr. dkk. Ketahanan Energi dan Kebijakan BMM di Indonesia. http:/pse.ugm.ac.id/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2012.
Muchji, H. Achmad. Drs. MM. dkk. 2004. “Pendidikan Kewarganegaraan”. Jakarta : Penerbit Gunadarma.
Mustaqim, Ghufron.2012. Kebijakan BBM : Ancaman atau Penguatan terhadap Ketahanan Energi. http:/ghufronmustaqim.com/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2012
Nugraha, Januardhi.2012.Analisa Gejolak BBM terhadap Ketahanan Nasional. http:/cigasnugroho.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2012
NN. 2012. Ketahanan Nasional. http:/dc318.4shared.com/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2012.
Puspitarini, Margaret. 2012. Ini Solusi Para Dosen Hadapi Kenaikan BBM. http:/kampus.okezone.com/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2012.



0 komentar:

Posting Komentar