Senin, 17 Juni 2013
On 09.23 by Iyan Sofi Ansori in Tugas Soft Skill Mata Kuliah Kewirausahaan No comments
Cemilan Khas Negeri Sakura Dengan Cita Rasa Nusantara
Jumlah Pengusaha di Indonesia belum sebanyak di negara-negara lain seperti Amerika
Serikat, Jepang, China atau Singapura. Negara-negara tersebut telah mampu
menumbuhkan wirausaha hingga 10% dari jumlah penduduknya. Sementara di
Indonesia saat ini jumlah pengusaha baru mencapai angka 1,5 juta atau sekitar
1,56% dari jumlah penduduk Indonesia. Padahal idealnya, jumlah pengusaha Indonesia
minimal diangka 4 juta penduduk atau 2% dari jumlah penduduk Indonesia agar
perekonomian bangsa tumbuh. Hal ini serupa apa yang pernah diucapkan oleh
Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mengatakan bahwa “Negara tidak akan maju jika
jumlah pengusaha dibawah dua persen”dikutip dari KMJurnalitik.info.
Berawal dari sebuah hobi kuliner, Angga Pradika
sukses sebagai pengusaha muda cemilan jepang. Angga yang lahir di Jakarta, 21
tahun lalu. Kini telah bermetaformosis
menjadi seorang pengusaha muda yang memiliki usaha yang bergerak di bidang
kuliner olahan gurita yang biasa disebut takoyaki. Usaha kuliner jajanan khas Jepang
yang diberi label Mister Tako (Mr. Tako) ini telah memiliki 20 gerai dengan 12 gerai
dengan 12 diantaranya berada di bandung sementara yang lainnya tersebar di
Jakarta, Bekasi, Depok, dan Solo. Untuk kantor pusatnya sendiri Mister Tako
beralamat di Jalan Turangga Timur No.33A Bandung. Selain itu usaha ini juga menawarkan
kerjasama kemitraan dengan investasi sebesar 15 juta dengan masa kerja sama
selama 5 tahun dan dapat diperpanjang pertahun sebesar 200 ribu rupiah. Hingga
saat ini produk yang ditawarkan oleh Mr. Tako adalah Takoyaki, Okonomiyaki,
Sobayaki dan yang terbaru adalah Octopus Burger. Kedepannya Mister Tako akan
mengembangkan cita rasa kuliner Indonesia kedalam menu sate gurita,rendang
gurita, dan olahan gurita lainnya. Yang akan tersaji dalam bentuk restaurant
atau resto. Jadi pada dasarnya bakso bakar gurita atau takoyaki ini merupakan
makanan khas Jepang yang diadopsi ke Indonesia dengan cita rasa lokal.
Pada awalnya Mister Tako buka disekitar kawasan
pendidikan Telkom, hal ini sesuai dengan segmen pasar yang telah ditentukan
yaitu anak muda. Mengapa anak muda? Karena anak muda memiliki Word Of Mouth, rasa ingin tahu yang
tinggi, nilai ekonomis dan 60% customer
Mr. Tako anak muda. Berdasarkan alasan tersebut, maka lokasi yang dapat
dijadikan sebagai target pasar Mr. Tako antara lain : sekolah atau kampus,
pusat perbelanjaan (baik supermarket maupun minimarket), tempat hiburan
keluarga (tempat rekreasi) dan tempat lainnya yang dapat membawa perkembangan
gerai/outlet.
Bisnis kuliner jajanan khas negeri sakura ini
kedepannya memiliki prospek yang baik, hal ini dikarenakan masyarakat indonesia
yang suka ngemil. Selain dari itu mister tako memiliki segi rasa yang khas, mister tako memiliki dua sauce yang berbeda
yaitu sauce origami sotako dan sauce original
jepang. Sauce ini diproduksi sendiri, sehingga owner menjamin sauce
bebas dari minyak babi (Tonkatsu) dan bebas MSG.
Referensi dari :
http://akun.imtelkom.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=127%3Aangga-pradika-geluti-bisnis-takoyaki-buahkan-prestasi&catid=34&Itemid=18 diakses pada tanggal 17 Juni 2013 pukul 09.00 WIB
http://the-marketeers.com/archives/mister-tako-sulap-gurita-khas-jepang-jadi-selera-nusantara.html
diakses pada tanggal tanggal 17 Juni 2013 pukul 13.00 WIB
http://www.mistertako.com/about.html diakses pada tanggal 17 Juni 2013 pukul 07.00 WIB
Foto dari :
http://the-marketeers.com/archives/mister-tako-sulap-gurita-khas-jepang-jadi-selera-nusantara.html
https://twitter.com/infomistertako/status/311055312893386752/photo/1/large?utm_source=fb&utm_medium=fb&utm_campaign=infomistertako&utm_content=311055312893386752
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Berita UG SS
Popular Posts
-
Pengertian Embedded System Embedded System atau sistem tertanam merupakan sistem komputer khusus yang dirancang untuk menjalankan tugas...
-
PROPOSAL BISNIS CUPCAKE (Diajukan sebagai tugas mata kuliah manajemen proyek dan manajemen resiko ) ...
0 komentar:
Posting Komentar