Blog Ini merupakan sebuah...

Senin, 17 Juni 2013

On 09.23 by Iyan Sofi Ansori in    No comments
Cemilan Khas Negeri Sakura Dengan Cita Rasa Nusantara




    Jumlah Pengusaha di Indonesia  belum sebanyak di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Jepang, China atau Singapura. Negara-negara tersebut telah mampu menumbuhkan wirausaha hingga 10% dari jumlah penduduknya. Sementara di Indonesia saat ini jumlah pengusaha baru mencapai angka 1,5 juta atau sekitar 1,56% dari jumlah penduduk Indonesia. Padahal idealnya, jumlah pengusaha Indonesia minimal diangka 4 juta penduduk atau 2% dari jumlah penduduk Indonesia agar perekonomian bangsa tumbuh. Hal ini serupa apa yang pernah diucapkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mengatakan bahwa “Negara tidak akan maju jika jumlah pengusaha dibawah dua persen”dikutip dari KMJurnalitik.info.

    Berawal dari sebuah hobi kuliner, Angga Pradika sukses sebagai pengusaha muda cemilan jepang. Angga yang lahir di Jakarta, 21 tahun lalu.  Kini telah bermetaformosis menjadi seorang pengusaha muda yang memiliki usaha yang bergerak di bidang kuliner olahan gurita yang biasa disebut takoyaki. Usaha kuliner jajanan khas Jepang yang diberi label Mister Tako (Mr. Tako)  ini telah memiliki 20 gerai dengan 12 gerai dengan 12 diantaranya berada di bandung sementara yang lainnya tersebar di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Solo. Untuk kantor pusatnya sendiri Mister Tako beralamat di Jalan Turangga Timur No.33A Bandung. Selain itu usaha ini juga menawarkan kerjasama kemitraan dengan investasi sebesar 15 juta dengan masa kerja sama selama 5 tahun dan dapat diperpanjang pertahun sebesar 200 ribu rupiah. Hingga saat ini produk yang ditawarkan oleh Mr. Tako adalah Takoyaki, Okonomiyaki, Sobayaki dan yang terbaru adalah Octopus Burger. Kedepannya Mister Tako akan mengembangkan cita rasa kuliner Indonesia kedalam menu sate gurita,rendang gurita, dan olahan gurita lainnya. Yang akan tersaji dalam bentuk restaurant atau resto. Jadi pada dasarnya bakso bakar gurita atau takoyaki ini merupakan makanan khas Jepang yang diadopsi ke Indonesia dengan cita rasa lokal.

    Pada awalnya Mister Tako buka disekitar kawasan pendidikan Telkom, hal ini sesuai dengan segmen pasar yang telah ditentukan yaitu anak muda. Mengapa anak muda? Karena anak muda memiliki Word Of Mouth, rasa ingin tahu yang tinggi, nilai ekonomis dan 60% customer Mr. Tako anak muda. Berdasarkan alasan tersebut, maka lokasi yang dapat dijadikan sebagai target pasar Mr. Tako antara lain : sekolah atau kampus, pusat perbelanjaan (baik supermarket maupun minimarket), tempat hiburan keluarga (tempat rekreasi) dan tempat lainnya yang dapat membawa perkembangan gerai/outlet.

   Bisnis kuliner jajanan khas negeri sakura ini kedepannya memiliki prospek yang baik, hal ini dikarenakan masyarakat indonesia yang suka ngemil. Selain dari itu mister tako memiliki segi rasa yang khas,  mister tako memiliki dua sauce yang berbeda yaitu sauce origami sotako dan sauce original  jepang. Sauce ini diproduksi sendiri, sehingga owner menjamin sauce bebas dari minyak babi (Tonkatsu) dan bebas MSG.





Referensi dari :
http://akun.imtelkom.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=127%3Aangga-pradika-geluti-bisnis-takoyaki-buahkan-prestasi&catid=34&Itemid=18 diakses pada tanggal 17 Juni 2013 pukul 09.00 WIB
http://www.mistertako.com/about.html diakses pada tanggal 17 Juni 2013 pukul 07.00 WIB
Foto dari :
http://the-marketeers.com/archives/mister-tako-sulap-gurita-khas-jepang-jadi-selera-nusantara.html 
https://twitter.com/infomistertako/status/311055312893386752/photo/1/large?utm_source=fb&utm_medium=fb&utm_campaign=infomistertako&utm_content=311055312893386752